All Stories

Minggu, 12 Mei 2013

Fakta Unik tentang Microsoft office

Unknown | Minggu, 12 Mei 201301.13 | Be the first to comment!

Microsoft siapa yang tidak kenal dengan raksasa software yang telah sukses menciptakan sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan didunia ini baik pada komputer pribadi mapun komputer staff pemerintahan, ada beberapa fakta unik mengenai microsoft, mari kita simak lol naughtyric ...


1. Penyebutan awal Microsoft
Nama Microsoft pertama sekali digunakan pada 29 November 1975 dalam sebuah surat dari Bill Gates yang ditujukan kepada rekannya sesama pendiri Microsoft, Paul Allen. Namun saat itu namanya ditulis sebagai Microsoft. Registered brand ini resmi menjadi nama perusahaan setahun kemudian, yaitu pada tanggal 26 November 1976.

2. iPod dan Google Dilarang!
CEO Microsoft, Steve Balmer, memaksa anak-anaknya untuk menggunakan produk-produk Microsoft. Dalam sebuah interview dengan stasiun TV CNN, ia pernah mengatakan bahwa dalam banyak hal, anak-anaknya sangat keras kepala seperti anak-anaknya sangat keras kepala seperti anak-anak lainnya. Namun, paling tidak ia dapat menanamkan sebuah aturan kepada mereka untuk tidak menggunakan Google maupun iPod.

3. Microsoft dalam Angka (Bagian 1)
Saat ini, Microsoft memperkerjakan sebanyak 95.828 orang di seluruh dunia. Rata-rata umur mereka 37 tahun. Di Amerika saja, sekitar 74,7 persen di antaranya adalah pria. Microsoft memiliki 88 properti gedung seluas 1.121.739,83 meter persegi.

4. Ekslusif untuk Mac:Office Pertama
Microsoft Office versi pertama muncul pada tahun 1989. Paket yang ditawarkan masih dalam format disket atau CD-ROM dan hanya untuk sistem operasi Mac OS saja. Versi Windows dari Word, Excel, dan PowerPoint kemudian ditawarkan pada tahun 1990.

5. Windows Sound Eksklusif
Startup Sound untuk Windows 95 ditulis oleh komponis Brian Eno. Untuk membuat sound tersebut, ia menggunakan alat bantu Apple Macintosh. Sementara, sound lainnya untuk Vista dibuat oleh Robert Fripp, mantan gitaris band King Crimson.

6. Microsoft dalam Angka (Bagian II)
Microsoft Dining Service merupakan katering yang melayani para pegawai Microsoft di Redmond. Departemen ini setiap hari menyediakan 2.200 potong pizza. Setiap tahunnya, pegawai di Microsoft mengonsumsi hampir 4 juta kotak susu,7 juta lusin air mineral, dan hampir 2 juta teh celup.

7. Sudah Bekerja Lebih Dari 12.000 Hari di Microsoft
Bill Gates bekerja pada perusahaan yang didirikannya mulai dari tanggal 4 April 1975 sampai dengan 27 Juni 2008. Itu berarti, sudah 12.319 hari, termasuk hari libur dan weekend.

8. Nenek Moyang Windows
Sistem operasi Microsoft pertama bernama Xenix. Turunan Unix ini muncul di pasaran pada 25 Agustus 1980. Bill Gates mengharapkan Xenix menjadi sistem operasi standar untuk PC, namun kenyataannya tidak. Untuk mengoperasikan Xenix, diperlukan sebuah hard disk dan RAM sebesar 256 KByte. Sementara, IBM PC dahulu maksimal memiliki RAM sebesar 64 KByte dan hard disk masih terlalu mahal karena harganya mecapai ribuan dolar.

9. Tombol Save yang Keliru
Gambar icon "Save" dalam semua program Office sebelum versi 2003 adalah salah. Slot penutup disket digambarkan pada posisi yang salah.

10. 16 Miliar Data per Tabel Excel
Excel 2007 dapat mengelola tabel yang berisi data sampai dengan 16.000 kolom dan satu juta baris. Jumlah ini sama dengan 16.000.000.000 dataset.

sumber : http://toptentop


Microsoft siapa yang tidak kenal dengan raksasa software yang telah sukses menciptakan sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan didunia ini baik pada komputer pribadi mapun komputer staff pemerintahan, ada beberapa fakta unik mengenai microsoft, mari kita simak lol naughtyric ...


1. Penyebutan awal Microsoft
Nama Microsoft pertama sekali digunakan pada 29 November 1975 dalam sebuah surat dari Bill Gates yang ditujukan kepada rekannya sesama pendiri Microsoft, Paul Allen. Namun saat itu namanya ditulis sebagai Microsoft. Registered brand ini resmi menjadi nama perusahaan setahun kemudian, yaitu pada tanggal 26 November 1976.

2. iPod dan Google Dilarang!
CEO Microsoft, Steve Balmer, memaksa anak-anaknya untuk menggunakan produk-produk Microsoft. Dalam sebuah interview dengan stasiun TV CNN, ia pernah mengatakan bahwa dalam banyak hal, anak-anaknya sangat keras kepala seperti anak-anaknya sangat keras kepala seperti anak-anak lainnya. Namun, paling tidak ia dapat menanamkan sebuah aturan kepada mereka untuk tidak menggunakan Google maupun iPod.

3. Microsoft dalam Angka (Bagian 1)
Saat ini, Microsoft memperkerjakan sebanyak 95.828 orang di seluruh dunia. Rata-rata umur mereka 37 tahun. Di Amerika saja, sekitar 74,7 persen di antaranya adalah pria. Microsoft memiliki 88 properti gedung seluas 1.121.739,83 meter persegi.

4. Ekslusif untuk Mac:Office Pertama
Microsoft Office versi pertama muncul pada tahun 1989. Paket yang ditawarkan masih dalam format disket atau CD-ROM dan hanya untuk sistem operasi Mac OS saja. Versi Windows dari Word, Excel, dan PowerPoint kemudian ditawarkan pada tahun 1990.

5. Windows Sound Eksklusif
Startup Sound untuk Windows 95 ditulis oleh komponis Brian Eno. Untuk membuat sound tersebut, ia menggunakan alat bantu Apple Macintosh. Sementara, sound lainnya untuk Vista dibuat oleh Robert Fripp, mantan gitaris band King Crimson.

6. Microsoft dalam Angka (Bagian II)
Microsoft Dining Service merupakan katering yang melayani para pegawai Microsoft di Redmond. Departemen ini setiap hari menyediakan 2.200 potong pizza. Setiap tahunnya, pegawai di Microsoft mengonsumsi hampir 4 juta kotak susu,7 juta lusin air mineral, dan hampir 2 juta teh celup.

7. Sudah Bekerja Lebih Dari 12.000 Hari di Microsoft
Bill Gates bekerja pada perusahaan yang didirikannya mulai dari tanggal 4 April 1975 sampai dengan 27 Juni 2008. Itu berarti, sudah 12.319 hari, termasuk hari libur dan weekend.

8. Nenek Moyang Windows
Sistem operasi Microsoft pertama bernama Xenix. Turunan Unix ini muncul di pasaran pada 25 Agustus 1980. Bill Gates mengharapkan Xenix menjadi sistem operasi standar untuk PC, namun kenyataannya tidak. Untuk mengoperasikan Xenix, diperlukan sebuah hard disk dan RAM sebesar 256 KByte. Sementara, IBM PC dahulu maksimal memiliki RAM sebesar 64 KByte dan hard disk masih terlalu mahal karena harganya mecapai ribuan dolar.

9. Tombol Save yang Keliru
Gambar icon "Save" dalam semua program Office sebelum versi 2003 adalah salah. Slot penutup disket digambarkan pada posisi yang salah.

10. 16 Miliar Data per Tabel Excel
Excel 2007 dapat mengelola tabel yang berisi data sampai dengan 16.000 kolom dan satu juta baris. Jumlah ini sama dengan 16.000.000.000 dataset.

sumber : http://toptentop

0 komentar:

Belajar Dasar Microsoft Word

Unknown | 01.07 | Be the first to comment!

Tutorial Microsoft Word 2010.Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang telah banyak dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia ini adalah aplikasi yang wajib di install di Windows. Hampir semua perkantoran, bahkan instansi pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal dengan Word, Excel dan Powerpoint-nya ini. Kali ini webawang akan posting tentang Tutorial Microsoft Word 2010.

Microsoft Office 2012

Dan bagi Anda yang seringkali memakai MS Word untuk mengetik dokumen, ada beberapa Tutorial Microsoft Word 2010 yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara cepat dan efisien sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan Tutorial Microsoft Word 2010 di bawah ini :

Seleksi -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi satu kata, dan klik tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph. Namun untuk menyeleksi satu kalimat cukup tahan tombol “Ctrl” dan klik di kalimat manapun. dan untuk menyeleksi seluruh tabel tahan tombol “Alt” dan klik dua kali.

Membuat tabel -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin selama ini Anda membuat tabel dengan memakai “Draw Table”, kini Anda bisa membuat tabel dengan meng-klik tab “Insert” lalu klik “Table” yang akan menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal menggeser mouse untuk menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan tertampil langsung di dokumen Anda, lalu klik.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Jika ingin membuat satu kolom tabel saja Anda cukup menekan tombol + untuk garis vertical dan – untuk garis horizontal misal “+————+——-+” (tanpa tanda kutip) lalu tekan “Enter”

Menambahkan Comment Box -Tutorial Microsoft Word 2010
Jika Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau relasi kerja Anda, tak perlu menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat yang mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari kalimat lalu klik tab “Review” lalu pilih “New Comment”

Membuat daftar dengan Keyboard -Tutorial Microsoft Word 2010
Anda bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol cukup dengan menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan “Enter” secara otomatis MS Word akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.

Memasukkan Screenshot ke MS Word -Tutorial Microsoft Word 2010
Salah satu fitur terbaru dari MS Word 2010 yaitu dapat memasukkan Screenshot langsung ke dalam dokumen. Cukuo dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboar lalu klik tab “Insert” klik “Screenshot”.

Menambahkan Bookmark ke Dokumen -Tutorial Microsoft Word 2010
Anda sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca langsung oleh Bos atau relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat lebih mudah membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab “Insert” di kolom “Links” klik “Bookmark” ketikkan nama halaman yang diinginkan lalu klik “Add”.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Setelah itu buatlah sebuah halaman khusus untuk daftar isi dokumen Anda. Seleksi salah satu judul halaman dokumen klik tab “Insert” di kolom Links klik “Hyperlink” akan muncul window Insert Hyperlink pilih Place in This Document lalu pilih judul halaman di kolom bookmark yang telah Anda buat lalu klik OK.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Sekarang Anda bisa langsung menuju halaman yang diinginkan dengan meng-klik judul halaman di daftar isi dengan menahan tombol “Ctrl dan klik kiri”.

Mengubah Status Bar -Tutorial Microsoft Word 2010
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Mungkin Anda tidak menyadari kalo status bar di MS Word juga bisa di ubah sesuai dengan keinginan. Klik kanan status bar Anda akan menemukan banyak konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan.

Atur Auto Correct -Tutorial Microsoft Word 2010
Pernahkah Anda mengetikkan kata teh yang kemudian berubah menjadi the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang sangat berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab “File” lalu pilih “Options” klik “Proofing” dan klik “Auto Correct Options…” di tab Auto Correct terdapat kolom ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata tersebut di kolom bawah dan klik Delete.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Anda juga bisa menambahkan beberapa kata agar bisa diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.

Shortcut -Tutorial Microsoft Word 2010
Shortcut untuk MS Word memang cukup banyak namun tak perlu menghapal semuanya cukup seperlunya agar dapat membantu kerja Anda. Selain shortcut umum seperti copy, cut, paste, print dll, MS Word memiliki shortcut khusus sendiri yaitu:

Ctrl+Z & Ctrl+Y -Tutorial Microsoft Word 2010
Jika Anda melakukan kesalahan tanpa disengaja Anda bisa memanfaatkan shortcut ini.

Ctrl+Spasi -Tutorial Microsoft Word 2010
Tekan tombol ini jika dirasa suatu kalimat atau paragraph memiliki kesalahan misal, bold, italic, underline, huruf dll agar kembali normal (default). Caranya seleksi kalimat atau paragraph lalu tekan tombol “Ctrl”+Spasi”.

Ctrl+Q -Tutorial Microsoft Word 2010
Tekan tombol ini jika Anda menemukan kesalahan format paragraf, double spasi, spasi tambahan di awal dan akhir paragaf, dll. Caranya seleksi seluruh paragraf lalu tekan kombinasi tombol tersebut.

Alignment -Tutorial Microsoft Word 2010
Ctrl+L : untuk mengetik rata kiri.
Ctrl+E : untuk mengetik di posisi tengah (center).
Ctrl+R : untuk mengetik rata kanan
Ctrl+J : untuk merubah susunan paragraf menjadi rata kanan dan kiri (Justify)

Trik Unik -Tutorial Microsoft Word 2010
Ingin sekedar mengusili teman kerja Anda atau ingin tahu apa saja yang bisa MS Word lakukan, ketik beberapa kata berikut ini.
=rand (200,99)
Ketik kata di atas lalu tekan “Enter” tunggu selama 3 detik. MS Word akan menampilkan tulisan sebanyak 567 halaman yang berisi komentar dari beberapa karyawan atau orang yang ikut mengerjakan Aplikasi tersebut.
=lorem(7,3)
Dengan mengetikkan kata di atas akan menampikan 3 paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum
=rand.old(7,3)
MS Word akan menampilkan 3 paragraf yang berisi contoh kalimat di teks mesin ketik “The quick brown fox jumped over the lazy dog.”



Tutorial Microsoft Word 2010.Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Aplikasi buatan Microsoft yang telah banyak dipakai oleh jutaan atau lebih komputer di seluruh dunia ini adalah aplikasi yang wajib di install di Windows. Hampir semua perkantoran, bahkan instansi pemerintahan memakai aplikasi yang terkenal dengan Word, Excel dan Powerpoint-nya ini. Kali ini webawang akan posting tentang Tutorial Microsoft Word 2010.

Microsoft Office 2012

Dan bagi Anda yang seringkali memakai MS Word untuk mengetik dokumen, ada beberapa Tutorial Microsoft Word 2010 yang mungkin saja belum Anda ketahui. Mulai dari bekerja secara cepat dan efisien sampai mengusili teman kerja dapat Anda temukan Tutorial Microsoft Word 2010 di bawah ini :

Seleksi -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin Anda sudah mengetahui cukup klik dua kali untuk menyeleksi satu kata, dan klik tiga kali untuk menyeleksi satu paragraph. Namun untuk menyeleksi satu kalimat cukup tahan tombol “Ctrl” dan klik di kalimat manapun. dan untuk menyeleksi seluruh tabel tahan tombol “Alt” dan klik dua kali.

Membuat tabel -Tutorial Microsoft Word 2010
Mungkin selama ini Anda membuat tabel dengan memakai “Draw Table”, kini Anda bisa membuat tabel dengan meng-klik tab “Insert” lalu klik “Table” yang akan menampilkan pop up Insert Table disini Anda tinggal menggeser mouse untuk menentukan jumlah kolom dan hasilnya akan tertampil langsung di dokumen Anda, lalu klik.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Jika ingin membuat satu kolom tabel saja Anda cukup menekan tombol + untuk garis vertical dan – untuk garis horizontal misal “+————+——-+” (tanpa tanda kutip) lalu tekan “Enter”

Menambahkan Comment Box -Tutorial Microsoft Word 2010
Jika Anda hendak mengirimkan dokumen ke teman atau relasi kerja Anda, tak perlu menulis panjang lebar penjelasan mengenai kalimat yang mungkin kurang dipahami di email. Cukup dengan menyeleksi bagian dari kalimat lalu klik tab “Review” lalu pilih “New Comment”

Membuat daftar dengan Keyboard -Tutorial Microsoft Word 2010
Anda bisa membuat daftar urut dengan nomor atau symbol cukup dengan menekan tombol di keyboard. Misal, menulis nomor urut cukup dengan mengetik 1. kata yang diinginkan lalu tekan “Enter” secara otomatis MS Word akan mengurutkan nomor yang telah Anda ketik tadi.

Memasukkan Screenshot ke MS Word -Tutorial Microsoft Word 2010
Salah satu fitur terbaru dari MS Word 2010 yaitu dapat memasukkan Screenshot langsung ke dalam dokumen. Cukuo dengan menekan tombol “Print Screen” pada keyboar lalu klik tab “Insert” klik “Screenshot”.

Menambahkan Bookmark ke Dokumen -Tutorial Microsoft Word 2010
Anda sedang membuat tulisan untuk dapat dibaca langsung oleh Bos atau relasi kerja. Cukup tambahkan Bookmark agar mereka dapat lebih mudah membaca seluruh isi dokumen Anda dengan klik tab “Insert” di kolom “Links” klik “Bookmark” ketikkan nama halaman yang diinginkan lalu klik “Add”.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Setelah itu buatlah sebuah halaman khusus untuk daftar isi dokumen Anda. Seleksi salah satu judul halaman dokumen klik tab “Insert” di kolom Links klik “Hyperlink” akan muncul window Insert Hyperlink pilih Place in This Document lalu pilih judul halaman di kolom bookmark yang telah Anda buat lalu klik OK.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Sekarang Anda bisa langsung menuju halaman yang diinginkan dengan meng-klik judul halaman di daftar isi dengan menahan tombol “Ctrl dan klik kiri”.

Mengubah Status Bar -Tutorial Microsoft Word 2010
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Mungkin Anda tidak menyadari kalo status bar di MS Word juga bisa di ubah sesuai dengan keinginan. Klik kanan status bar Anda akan menemukan banyak konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan.

Atur Auto Correct -Tutorial Microsoft Word 2010
Pernahkah Anda mengetikkan kata teh yang kemudian berubah menjadi the? Itulah Auto Correct, fitur Auto Correct di MS Word memang sangat berguna jika Anda seringkali membuat dokumen berbahasa Inggris. Anda bisa mengatur Auto Correct dengan klik tab “File” lalu pilih “Options” klik “Proofing” dan klik “Auto Correct Options…” di tab Auto Correct terdapat kolom ketikkan kata yang diinginkan misal teh pilih kata tersebut di kolom bawah dan klik Delete.
Tips dan Trik Microsoft Word 2010 Image
Anda juga bisa menambahkan beberapa kata agar bisa diperbaiki secara otomatis oleh MS Word.

Shortcut -Tutorial Microsoft Word 2010
Shortcut untuk MS Word memang cukup banyak namun tak perlu menghapal semuanya cukup seperlunya agar dapat membantu kerja Anda. Selain shortcut umum seperti copy, cut, paste, print dll, MS Word memiliki shortcut khusus sendiri yaitu:

Ctrl+Z & Ctrl+Y -Tutorial Microsoft Word 2010
Jika Anda melakukan kesalahan tanpa disengaja Anda bisa memanfaatkan shortcut ini.

Ctrl+Spasi -Tutorial Microsoft Word 2010
Tekan tombol ini jika dirasa suatu kalimat atau paragraph memiliki kesalahan misal, bold, italic, underline, huruf dll agar kembali normal (default). Caranya seleksi kalimat atau paragraph lalu tekan tombol “Ctrl”+Spasi”.

Ctrl+Q -Tutorial Microsoft Word 2010
Tekan tombol ini jika Anda menemukan kesalahan format paragraf, double spasi, spasi tambahan di awal dan akhir paragaf, dll. Caranya seleksi seluruh paragraf lalu tekan kombinasi tombol tersebut.

Alignment -Tutorial Microsoft Word 2010
Ctrl+L : untuk mengetik rata kiri.
Ctrl+E : untuk mengetik di posisi tengah (center).
Ctrl+R : untuk mengetik rata kanan
Ctrl+J : untuk merubah susunan paragraf menjadi rata kanan dan kiri (Justify)

Trik Unik -Tutorial Microsoft Word 2010
Ingin sekedar mengusili teman kerja Anda atau ingin tahu apa saja yang bisa MS Word lakukan, ketik beberapa kata berikut ini.
=rand (200,99)
Ketik kata di atas lalu tekan “Enter” tunggu selama 3 detik. MS Word akan menampilkan tulisan sebanyak 567 halaman yang berisi komentar dari beberapa karyawan atau orang yang ikut mengerjakan Aplikasi tersebut.
=lorem(7,3)
Dengan mengetikkan kata di atas akan menampikan 3 paragraf yang terdapat dalam teks Lorem Ipsum
=rand.old(7,3)
MS Word akan menampilkan 3 paragraf yang berisi contoh kalimat di teks mesin ketik “The quick brown fox jumped over the lazy dog.”


0 komentar:

tutorial ms access 2010

Unknown | 01.01 | Be the first to comment!

Membuat TBL_BONEKA
      a.   Klik Menu Create
      b.   Klik Table Design
      c.   Klik kanan pada tulisan Table1, kemudian klik save
      d.   Akan muncul jendela seperti ini, lalu Tulis nama (TBL_BONEKA), klik  
            OK           
      e.   Isikan data seperti di bawah ini, ID BONEKA tipe data text, NAMA
            BONEKA tipe data text, UKURAN tipe data text, HARGA tipe data Currency.            
      f.    atur Format sesuai keinginan, seperti field size untuk menentukan panjang
            maksimal field, daya tampungnya.               
      g.   khusus pada Harga yang bertipe Currency, ketikan teks berikut agar teks
            dapat menampilkan Rp sebagai satuan mata uang. "Rp"#,##0;"(Rp"#,##0)
      h.   Klik table pada field ID BONEKA lalu klik kanan di bagian tepi kiri baris,
            klik primary key, artinya ID BONEKA sebagai primary key dari
            TBL_BONEKA.
      i.    Setelah selesai semua mulai masuk ke Datasheet View, klik kanan pada
            tulisan bar TBL_BONEKA, sorot ke Datasheet View, dan klik.            
      j.    Isi data-data yang ada sesuai field masing-masing yang dibuat tadi seperti
            data di bawah ini :          
      k.   Jika sudah melakukan pengisian lakukan proses save table lagi seperti
            gambar di langkah ketiga.

Membuat Relationships
      a.   Klik Menu Database Tools, klik 2x ke Relationships           
      b.   Akan muncul jendela berikut, tambahkan tabel-tabel yang akan
            dihubungkan dengan klik nama tabel dan klik add, ulangi langkah hingga
            semua tabel sudah masuk.

      c.   Bila field tidak terhubung otomatis, hubungkan field-field yang
            berhubungan dengan cara drag, atur posisi tabel hingga arah garis
            relasi  terlihat jelas dan terpisah tidak bertabrakan.


Membuat Relationships Report
      a.   Klik Menu Database Tools, klik ke Relationships           
      b.   Pada menu design, klik Relationships Report           
      c.   Klik kanan pada tulisan menu Relationships for … , klik save           
      d.   Akan muncul jendela berikut dan namai report tersebut dengan
            relationships


Membuat Query Boneka
      a.   Klik Create, Sorot ke Query Wizard, dan klik.           
      b.   Akan muncul jendela berikut, pilih simple query wizard, klik OK           
      c.   Klik Combo box, pilih TBL_BONEKA                      
      d.   Klik tanda >> untuk memasukkan semua field yang akan dibuat query 
            Klik Next,
      e.   Pilih detail pada radio button dan klik next              
      f.    Tulis nama Query_BONEKA, pilih Modify pada radio button dan klik
            finish

Membuat Form Penjualan
      a.   Klik Menu Create dan sorot ke Form Wizard, lalu klik
      b.   Pilih Query Penjualan sebagai sumber data, dan klik >> untuk
            memasukkan semua field yang ada, klik next           
      c.   Pilih Columnar untuk bentuk seperti kolom ke bawah, klik next
      d.   Tulis nama Form_Penjualan, pilih modify pada pilihan radio button dan
            klik finish           
      e.   Buka Form Penjualan, masuk ke design view

      f.    Atur ulang agar Nampak indah, tata hingga rapi, benahi tulisan yang
            tidak sesuai, bisa ditebalkan, cetak miring, diganti huruf capital, ganti
            warna teks dsb.

      g.   Ubah Warna yang lebih menarik 
            Hingga seperti ini 
      h.   Menambah gambar 
            Klik open untuk membuka. Dan klik OK
            Tarik dan letakkan gambar sesuai keinginan hingga jadi seperti ini
      i.    Menghilangkan Tombol Navigasi, masuk ke Format, Properties, cari
            navigation button, pilih No           
      j.    Membuat tombol navigasi sendiri. Klik Comand Button di Menu Design

            Letakkan Comand Button di bawah.
            Buat empat command button otomatis muncul jendela di atas dan kodekan
            masing-masing perintah, klik record navigation, Go To First Record, Go
            To Last Record, Go To Next Record dan Go To Previous Record.
            Klik finish
      k.   Membuat Record Operation
            Klik Comand Button di Menu Design
            Letakkan Comand Button di bawah.
            Buat empat command button otomatis muncul jendela di atas dan kodekan
            masing-masing perintah, klik record operation, Add New Record, Delete

            record, Save Record dan Close Form yang ada di Categories ForOperation.
            Klik finish
      l.    Membuat Combo Box
            Klik Design dan sorot ke combo box, letakkan di form dan atur lebarnya
            sesuaikan dengan yang sudah ada, tindihkan pada yang akan di ganti yaitu
            id boneka, id karyawan dan id pembeli.
            Setelah itu, otomatis akan muncul jendela berikut :
            Pilih radio button yang diinginkan dan klik next,
            Pilih sumber data, yaitu TBL_PENJUALAN, klik next
            Masukkan Id Pembeli dengan klik tanda > , lalu klik next           
            Klik next lagi

            Klik next, lalu finish
            Ulangi langkah pada pembuatan combo box id pembeli dan id karyawan,
            caranya sama, namun berbeda pada pemilihan field yang akan
            dimasukkan, yaitu id karyawan apa id pembeli.


Membuat TBL_BONEKA
      a.   Klik Menu Create
      b.   Klik Table Design
      c.   Klik kanan pada tulisan Table1, kemudian klik save
      d.   Akan muncul jendela seperti ini, lalu Tulis nama (TBL_BONEKA), klik  
            OK           
      e.   Isikan data seperti di bawah ini, ID BONEKA tipe data text, NAMA
            BONEKA tipe data text, UKURAN tipe data text, HARGA tipe data Currency.            
      f.    atur Format sesuai keinginan, seperti field size untuk menentukan panjang
            maksimal field, daya tampungnya.               
      g.   khusus pada Harga yang bertipe Currency, ketikan teks berikut agar teks
            dapat menampilkan Rp sebagai satuan mata uang. "Rp"#,##0;"(Rp"#,##0)
      h.   Klik table pada field ID BONEKA lalu klik kanan di bagian tepi kiri baris,
            klik primary key, artinya ID BONEKA sebagai primary key dari
            TBL_BONEKA.
      i.    Setelah selesai semua mulai masuk ke Datasheet View, klik kanan pada
            tulisan bar TBL_BONEKA, sorot ke Datasheet View, dan klik.            
      j.    Isi data-data yang ada sesuai field masing-masing yang dibuat tadi seperti
            data di bawah ini :          
      k.   Jika sudah melakukan pengisian lakukan proses save table lagi seperti
            gambar di langkah ketiga.

Membuat Relationships
      a.   Klik Menu Database Tools, klik 2x ke Relationships           
      b.   Akan muncul jendela berikut, tambahkan tabel-tabel yang akan
            dihubungkan dengan klik nama tabel dan klik add, ulangi langkah hingga
            semua tabel sudah masuk.

      c.   Bila field tidak terhubung otomatis, hubungkan field-field yang
            berhubungan dengan cara drag, atur posisi tabel hingga arah garis
            relasi  terlihat jelas dan terpisah tidak bertabrakan.


Membuat Relationships Report
      a.   Klik Menu Database Tools, klik ke Relationships           
      b.   Pada menu design, klik Relationships Report           
      c.   Klik kanan pada tulisan menu Relationships for … , klik save           
      d.   Akan muncul jendela berikut dan namai report tersebut dengan
            relationships


Membuat Query Boneka
      a.   Klik Create, Sorot ke Query Wizard, dan klik.           
      b.   Akan muncul jendela berikut, pilih simple query wizard, klik OK           
      c.   Klik Combo box, pilih TBL_BONEKA                      
      d.   Klik tanda >> untuk memasukkan semua field yang akan dibuat query 
            Klik Next,
      e.   Pilih detail pada radio button dan klik next              
      f.    Tulis nama Query_BONEKA, pilih Modify pada radio button dan klik
            finish

Membuat Form Penjualan
      a.   Klik Menu Create dan sorot ke Form Wizard, lalu klik
      b.   Pilih Query Penjualan sebagai sumber data, dan klik >> untuk
            memasukkan semua field yang ada, klik next           
      c.   Pilih Columnar untuk bentuk seperti kolom ke bawah, klik next
      d.   Tulis nama Form_Penjualan, pilih modify pada pilihan radio button dan
            klik finish           
      e.   Buka Form Penjualan, masuk ke design view

      f.    Atur ulang agar Nampak indah, tata hingga rapi, benahi tulisan yang
            tidak sesuai, bisa ditebalkan, cetak miring, diganti huruf capital, ganti
            warna teks dsb.

      g.   Ubah Warna yang lebih menarik 
            Hingga seperti ini 
      h.   Menambah gambar 
            Klik open untuk membuka. Dan klik OK
            Tarik dan letakkan gambar sesuai keinginan hingga jadi seperti ini
      i.    Menghilangkan Tombol Navigasi, masuk ke Format, Properties, cari
            navigation button, pilih No           
      j.    Membuat tombol navigasi sendiri. Klik Comand Button di Menu Design

            Letakkan Comand Button di bawah.
            Buat empat command button otomatis muncul jendela di atas dan kodekan
            masing-masing perintah, klik record navigation, Go To First Record, Go
            To Last Record, Go To Next Record dan Go To Previous Record.
            Klik finish
      k.   Membuat Record Operation
            Klik Comand Button di Menu Design
            Letakkan Comand Button di bawah.
            Buat empat command button otomatis muncul jendela di atas dan kodekan
            masing-masing perintah, klik record operation, Add New Record, Delete

            record, Save Record dan Close Form yang ada di Categories ForOperation.
            Klik finish
      l.    Membuat Combo Box
            Klik Design dan sorot ke combo box, letakkan di form dan atur lebarnya
            sesuaikan dengan yang sudah ada, tindihkan pada yang akan di ganti yaitu
            id boneka, id karyawan dan id pembeli.
            Setelah itu, otomatis akan muncul jendela berikut :
            Pilih radio button yang diinginkan dan klik next,
            Pilih sumber data, yaitu TBL_PENJUALAN, klik next
            Masukkan Id Pembeli dengan klik tanda > , lalu klik next           
            Klik next lagi

            Klik next, lalu finish
            Ulangi langkah pada pembuatan combo box id pembeli dan id karyawan,
            caranya sama, namun berbeda pada pemilihan field yang akan
            dimasukkan, yaitu id karyawan apa id pembeli.

0 komentar:

Followers

Copyright © 2013 Technologi dan Lain lain. Bloggerized byOzynetwork converted by BloggerTheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top